Profil Lulusan

Profil/peran lulusan Program Studi Magister Ilmu Ternak Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP Undip) adalah  sebagai berikut

  1. Mampu menghasilkan penelitian dan inovasi teknologi guna memanfaatkan sumberdaya alam secara optimal dan ramah lingkungan yang dapat mempercepat proses pembaharuan, pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk berkembang (ready to develop) sesuai dengan bidang pekerjaan  yang dapat dibedakan sebagai   berikut :
  • Bagi lulusan   yang bekerja di bidang     pendidikan   dan penelitian mampu meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan melakukan penelitian dan pengembangan serta mampu mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dengan mengkaitkan bidang ilmu sejenis.
  • Bagi lulusan yang bekerja sebagai praktisi / birokrat mempunyai kemampuan dalam merumuskan penyelesaian berbagai masalah peternakan dan pengembangannya dengan cara penalaran secara  ilmiah.
  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami pendekatan metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya.
  2. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah dengan menyusun rancangan, melaksanakan penelitian dan menulis hasil penelitian dalam bentuk thesis.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya dalam memanfaatkan sumberdaya ternak dan pakan lokal yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, keterpaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa