Program Studi S2 Magister Ilmu Ternak terbuka bagi Sarjana dari seluruh fakultas di lingkungan Ilmu-ilmu Pertanian baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.  Calon mahasiswa untuk dapat di terima sebagai mahasiswa harus memenuhi syarat - syarat dan prosedur yang telah ditetapkan oleh Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Program Studi S2 Magister Ilmu Ternak,   membuka 4 Konsentrasi Bidang Studi, yaitu:

  1. Ilmu Produksi Ternak, meliputi bidang : Biologi Reproduksi dan Pemuliaan, Teknologi Produksi, dan Fisiologi Ternak;
  2. Ilmu Nutrisi dan pakan Ternak, meliputi bidang : Tanaman Pakan, Nutrisi Pakan, dan Teknologi Pakan
  3. lmu Perencanaan Pembangunan Peternakan, meliputi bidang: Ekonomi Pembangunan Peternakan  dan Pembangunan Komunitas Peternakan.
  4. Ilmu dan Tehnologi Hasil Ternak, meliputi bidang: Tehnologi susu, Tehnologi daging dan Tehnologi telur serta Tehnologi Kulit

 

Program Studi S2 Magister Ilmu Ternak  telah terakreditasi dengan nilai A Nomor : 119/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2015, berada dibawah pembinaan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro yang juga mendapat nilai akreditasi A.  

 

JATI DIRI

 

Nama Perguruan Tinggi, Alamat dan

 

Status

:

:

 

:

Universitas Diponegoro,

Kampus UNDIP Tembalang Semarang – 50275;

 

Negeri.

Nama Program Studi, Alamat  Lengkap

 

:

:

Program Studi Magister Ilmu Ternak  

Kampus Drh. R. Soejono Koesoemowardojo, Tembalang Semarang, Kode Pos 50275 Telp./Fax. (024) 7474750

web : www.fp.undip.ac.id; E-mail : fp@undip.ac.id

Email : mit@undip.ac.id / direkturmit@yahoo.com

 

Program Studi S2 Magister Ilmu Ternak Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dibuka secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 179/DIKTI/Kep/1999 tanggal 26 April 1999.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Perpanjangan) No. 111/DIKTI/Kep/2007 tanggal 26 April 2007

 

VISI, MISI & TUJUAN

 

VISI

“Menjadi Program Studi S2 Bertaraf Internasional sebagai Bench Mark dalam Pengembangan IPTEK Sumberdaya Manusia yang Berkompetensi Tinggi yang Memiliki Keunggulan di Bidang Ternak Lokal (Indigenous Animal) Berbasis Kondisi Tropis”  

 

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Program Pascasarjana dengan Menggunakan Penelitian Menggunakan Ternak dan Pakan Lokal, untuk Menghasilkan Manusia Mandiri yang Berkualitas, Jujur dan Berwibawa, serta Berdiri Sejajar dengan Pakar Nasional dan Internasional, Mampu Mengembangkan dan Menerapkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Memberikan Inspirasi bagi Pengembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan dalam Bidang Peternakan dan Sebagai Sumber Data Ternak Indigenous bagi Peneliti.
  3. Memberikan Sumbangan (Contribution) dalam Pembangunan Peternakan dengan Inovasi Teknologi yang Diilhami oleh Pandangan Back to Nature dan Mengedepankan Kajian Ternak dan Pakan Indigenous.
  4. Menyebarkan Hasil Penelitian Maupun Paket Teknologi untuk Dimanfaatkan Dalam Kegiatan Produktif dan Peningkatan Mutu Kehidupan Masyarakat

 

TUJUAN

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara menguasai dan memahami pendekatan metode, kaidah ilmiah disertai ketrampilan penerapannya.
  2. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannya melalui kegiatan dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah dengan menyusun rancangan, melaksanakan penelitian dan menulis hasil penelitian dalam bentuk thesis.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya dalam memanfaatkan sumberdaya ternak dan pakan lokal yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, keterpaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa.